Tentang Kami

Dampak Teknologi terhadap Masyarakat, Platform digital membentuk kembali hubungan antara pelanggan, pekerja, dan pemberi kerja saat jangkauan chip silikon menembus hampir semua hal yang kami lakukan—mulai dari membeli bahan makanan secara online hingga menemukan pasangan di situs kencan.

Transformasi digital ini dihasilkan dari apa yang oleh para ekonom yang mempelajari kemajuan ilmiah dan perubahan teknis disebut sebagai teknologi serba guna—yaitu, teknologi yang memiliki kekuatan untuk terus mengubah dirinya sendiri, secara progresif bercabang dan meningkatkan produktivitas di semua sektor dan industri.

Dampak Teknologi terhadap Masyarakat

Transformasi seperti itu jarang terjadi. Mesin uap, awalnya dirancang untuk memompa air keluar dari tambang, memunculkan rel kereta api dan industri melalui penerapan tenaga mekanik. Manfaat yang diperoleh ketika petani dan pedagang mengirimkan barang-barang mereka dari pedalaman suatu negara ke pantai, memfasilitasi perdagangan.

Mengadopsi—tetapi juga beradaptasi

Kaum Luddites pada awal abad ke-19 melawan dan mencoba menghancurkan mesin yang membuat keterampilan menenun mereka menjadi usang, meskipun mesin itu mengantarkan keterampilan dan pekerjaan baru. Gangguan tersebut justru terjadi karena teknologi baru begitu fleksibel dan meresap.

Akibatnya, banyak manfaat datang tidak hanya dari mengadopsi teknologi, tetapi dari beradaptasi dengan teknologi. Munculnya pembangkit listrik memungkinkan daya untuk disalurkan tepat kapan dan di mana diperlukan, sangat meningkatkan efisiensi manufaktur dan membuka jalan bagi jalur produksi modern. Dalam nada yang sama, Uber adalah perusahaan taksi yang menggunakan Dampak Teknologi terhadap Masyarakat untuk memberikan layanan yang lebih baik.

Pengiriman listrik tergantung pada generator. Pada tahap awal revolusi seperti itu, semakin banyak sumber daya yang dicurahkan untuk inovasi dan reorganisasi yang manfaatnya baru disadari jauh kemudian.

Misalnya, ketika James Watt memasarkan mesin yang relatif efisien pada tahun 1774, dibutuhkan hingga tahun 1812 untuk lokomotif uap pertama yang sukses secara komersial muncul. Mungkin tidak mengherankan bahwa revolusi digital belum muncul dalam statistik produktivitas—bagaimanapun juga, komputer pribadi baru muncul sekitar 40 tahun yang lalu.

Kecepatan yang dipercepat

Digitalisasi juga akan mengubah pekerjaan orang. Studi ini juga memperkirakan bahwa sekitar setengah dari semua aktivitas berbayar dapat diotomatisasi menggunakan robotika dan Dampak Teknologi terhadap Masyarakat pembelajaran buatan dan mesin yang ada.

Tugas yang saat ini dilakukan oleh ahli radiologi yang dibayar dengan relatif baik. Meskipun pandangan bervariasi, jelas bahwa akan ada potensi kehilangan pekerjaan dan transformasi besar di semua sektor dan tingkat gaji. Termasuk kelompok yang sebelumnya dianggap aman dari otomatisasi.

Seperti yang digarisbawahi oleh studi McKinsey, setelah awal yang lambat, laju transformasi terus meningkat. Smartphone yang ada di mana-mana tidak terbayangkan oleh kebanyakan orang pada pergantian abad ke-21. Namun superkomputer kecil ini sering digunakan hanya sebagai telepon sederhana, meninggalkan sumber daya komputasi yang besar menganggur.

Dampak Teknologi terhadap Masyarakat secara digital akan menyebar lebih jauh. Dan upaya untuk mengabaikannya atau membuat undang-undang yang menentangnya kemungkinan akan gagal.

Menghindari Penurunan Kualitas

Mengingat sifat internasional Internet, serta aset tidak berwujud. Yang sifat dan lokasinya yang agak tidak berbentuk dapat memperumit perpajakan perusahaan digital. Dan sistem pengawasan keuangan yang diarahkan untuk memantau transaksi antar lembaga keuangan akan mengalami kesulitan menghadapi pertumbuhan pembayaran peer-to-peer, termasuk dalam hal mencegah pendanaan kejahatan.

Pentingnya kerjasama juga menyiratkan peran organisasi internasional global seperti Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional. Lembaga-lembaga ini, dengan keanggotaannya yang luas. Agar berhasil, pembuat kebijakan perlu merespons dengan gesit terhadap keadaan yang berubah.

Sejarah Dampak Teknologi terhadap Masyarakat tujuan umum sebelumnya menunjukkan bahwa bahkan dengan dislokasi jangka pendek. Reorganisasi ekonomi di sekitar teknologi revolusioner menghasilkan manfaat jangka panjang yang besar. Ini tidak meniadakan peran kebijakan publik. Sebaliknya, justru pada saat terjadi perubahan teknologi yang besar kebijakan yang masuk akal dibutuhkan.

Transformasi digital ini dihasilkan dari apa yang oleh para ekonom yang mempelajari kemajuan ilmiah dan perubahan teknis disebut sebagai teknologi serba guna—yaitu. Teknologi yang memiliki kekuatan untuk terus mengubah dirinya sendiri, secara progresif bercabang dan meningkatkan produktivitas di semua sektor dan industri.

Efek Positif Teknologi yang Mengubah Hidup Kita

Teknologi bisa menjadi hal yang menakutkan, terutama bagi bisnis yang telah sukses melakukan sesuatu dengan cara tertentu dan waspada untuk mengubah cara mereka. Teknologi juga berkembang dengan pesat — dan perubahan mendadak adalah sesuatu yang umumnya tidak disukai banyak orang. Namun, jika Anda tidak mengikuti teknologi baru, Anda berisiko kalah bersaing dengan pesaing Anda.

Untuk menenangkan pikiran Anda, ingatkan diri Anda bahwa teknologi selalu maju dengan tujuan membuat hidup kita lebih baik. Juga ingat bahwa semua teknologi baru pada satu titik waktu. Kami telah mengumpulkan beberapa contoh bagaimana teknologi telah mengubah hidup kita secara positif sepanjang sejarah.

Teknologi Kemajuan Pendidikan

Teknologi telah menguntungkan lebih banyak orang dan bidang daripada hanya komunitas bisnis. Salah satu manfaat yang diremehkan dari bagaimana teknologi telah maju selama beberapa dekade terakhir adalah bagaimana hal itu berdampak pada pendidikan. Berikut adalah beberapa contoh:

Tersedianya kursus online – Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk kuliah. Banyak orang yang ingin melanjutkan pendidikan mereka tidak dapat melakukannya karena mereka bekerja, mengurus keluarga, atau tinggal terlalu jauh dari perguruan tinggi setempat untuk dapat bepergian. Kelas online telah mengubah semua itu. Sekarang siswa dapat mendaftar ke program online atau mengambil kelas tunggal tanpa harus meninggalkan rumah dan dengan kenyamanan mereka sendiri.

Akses ke seminar web – Pelajar dan profesional sama-sama dapat memperoleh manfaat dari seminar; namun, mereka tidak selalu dapat datang karena mereka tinggal terlalu jauh, tidak memiliki akses transportasi, atau tidak dapat menjadwalkan seminar agar tepat waktu. Sekolah itu sendiri mungkin tidak mampu mengirim siswa mereka ke seminar selama jam sekolah. Seminar web memungkinkan mereka untuk menonton seminar streaming langsung dari kelas atau rumah mereka. Misalnya, NASA memiliki program di mana siswa dapat menonton webinar dengan astronot di luar angkasa dari kelas mereka. Selama webinar semacam itu, siswa tidak hanya dapat menonton dan mendengarkan apa yang dikatakan subjek, tetapi juga mengajukan pertanyaan dan berinteraksi dengan mereka secara real time.